Rangkuman : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

Rangkuman : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

Aktivitas penduduk dan kondisi alam Indonesia


Rangkuman Materi : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

  1. Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. Suatu gejala atau peristiwa pada suatu ruang tidak berdiri sendiri, tetapi akan terkait dengan gejala atau peristiwa pada ruang lainnya. Selain dengan ruang, peristiwa atau gejala juga terkait dengan waktu.
  2. Letak astronomis dan geografis Indonesia sangat menguntungkan. Secara astronomis, Indonesia berada pada daerah tropis sehingga memiliki iklim tropis dengan suhu dan curah hujan yang tinggi. Secara geografis, Indonesia berada pada jalur lalu lintas perdagangan dunia antara negara-negara dari Asia Timur dengan negara-negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan India.
  3. Indonesia terdiri atas belasan ribu pulau dengan bentuk muka bumi yang beragam dari dataran rendah, perbukitan, dataran tinggi, gunung sampai pegunungan. Setiap bentuk muka bumi tersebut memiliki ciri yang berbeda antara satu dan lainnya serta membentuk ragam aktivitas penduduknya.
  4. Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna (keanekaragaman hayati) yang sangat tinggi. Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur.
  5. Perkembangan kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia atau masa Praaksara berlangsung melalui beberapa tahap. Tahap-tahap tersebut dibagi menjadi masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, serta masa perundagian.
  6. Manusia masa berburu dan mengumpulkan makanan, dari sejak Pithecanthropus sampai dengan manusia Wajak, mengalami kehidupan yang sangat bergantung pada kondisi alam.
  7. Pada masa bercocok tanam, manusia mulai hidup menetap di suatu perkampungan yang terdiri atas tempat-tempat tinggal sederhana yang didiami secara berkelompok oleh beberapa keluarga.
  8. Manusia Praaksara yang hidup pada masa perundagian adalah ras Australomelanesoid dan Mongoloid.
  9. Kehidupan masyarakat pada masa perundagian ditandai dengan dikenalnya pengolahan logam.
  10. Sebelum masuknya kebudayaan Hindu dan Buddha, masyarakat Indonesia telah memiliki kebudayaan yang cukup maju.
  11. Sebelum kebudayaan Hindu-Buddha datang, di Indonesia telah berkembang kepercayaan yang berupa pemujaan terhadap roh nenek moyang. Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha menjadikan masyarakat Indonesia mengenal aturan kasta.
  12. Setelah masuknya Islam, kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha mengalami keruntuhan dan digantikan peranannya oleh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam seperti Samudra Pasai, Demak, Malaka, dan lainnya.


Uji Pemahaman Materi Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

  1. Jelaskan keuntungan Indonesia dilihat dari lokasinya!
  2. Mengapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis?
  3. Jelaskan keragaman kondisi fisiografis atau bentuk muka bumi di Indonesia.
  4. Bagaimana keadaan flora dan fauna pada masa Praaksara di Indonesia?
  5. Mengapa Indonesia memiliki keanekeragaman hayati yang sangat tinggi?
  6. Mengapa penduduk cenderung terpusat di daerah dataran rendah?
  7. Mengapa banyak dijumpai gunung berapi di Indonesia?
  8. Apa keuntungan dan kerugian banyaknya gunung berapi di Indonesia?
  9. Mengapa flora dan fauna Indonesia harus dilestarikan?
  10. Mengapa aktivitas permukiman banyak dijumpai di daerah dataran?
  11. Mengapa terjadi perbedaan aktivitas penduduk di daerah yang keadaan bentuk muka buminya berbeda?
  12. Bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, bercocok tanam, dan masa perundagian?

Sebagai bangsa, kita Indonesia harus bersyukur dengan memiliki kekayaan alam flora dan fauna. Rasa syukur ditunjukkan dengan memanfaatkan dan melestarikan untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

Sebagai manusia, kita wajib berupaya untuk mengembangkan pengetahuan agar ciptaan Tuhan dapat digunakan secara berkelanjutan bagi bangsa Indonesia.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.