Contoh Teks Laporan Observasi Makhluk di Bumi InI




Observasi Makhluk di Bumi


Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.

Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.

Pengelompokan Benda di Dunia

Yang pertama sering disebut benda hidup dan yang kedua disebut benda mati. Benda hidup mempunyai ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan.

Benda Mati

Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

Benda Hidup

Benda hidup dapat dikelompkkan lagi menjadi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh hewan.

Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan hewan tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.

Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut dan pakis tidak.

Makhluk Hidup Dibagi Menjadi Vertebra dan Invertebra

Selanjutnya, hewan dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata.

Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung,kucing,katak,dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur,kupu-kupu,dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia,burung,amfibia,reptilia,dan ikan.

(Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984:29


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel