Perbedaan Wiraswasta - Wirausaha - Wirausahawan





Pengertian Wirausaha. Wiraswasta dan Wirausaha


Wiraswasta berarti orang yang memiliki sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan, dalam mengambil risiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

Namun demikian, dalam realitasnya seorang wirausaha tidak bisa disamakan dengan wiraswasta.

Wiraswasta memang berusaha mandiri, namun biasanya tidak memiliki visi pengembangan usaha, kreativitas, dan daya inovasi.

Contohnya pengrajin cinderamata yang telah sekian lama membuka usaha, namun kondisinya tetap sama seperti semula. Hal itu pada prinsipnya bukanlah wirausaha. Ia hanya seorang wiraswasta.

Tetapi pengrajin yang mampu memasarkan, membuka lapangan kerja dan bisa mengembangkan usahanya menjadi perusahaan penghasil cinderamata adalah Wirausaha.

Contohnya adalah anak-anak muda yang tergabung dalam kelompok "Dagadu Djogja". Kaos oblong "Dagadu Djogja" adalah usaha yang awalnya merupakan penyaluran hobi para mahasiswa arsitektur yang pandai dalam hal desain grafis.

Produk-produk rancangannya yang unik, lucu, dan cerdas yang dituangkan dalam bentuk 'cinderamata alternatif dari Djogja' mengundang daya tarik tersendiri. Kini, di bawah bendera PT. Aseli Dagadu Djogja sudah merambah ke media cetak lainnya selain media kaos, seperti mug, tas, dompet, dan lain-lain.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel