Julukan Indonesia dari Bangsa Lain

Julukan Indonesia dari Bangsa Lain

Bangsa Indonesia adalah bangsa dan negara besar




Julukan Negara Indonesia dari Negara dan Bangsa Lain


Indonesia adalah negara besar yang berada di Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Papua Nugini, Singapura, dan Timor Leste serta diapit oleh 2 samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia memiliki iklim yang tropis yang disebabkan letaknya yang tepat dibawah garis khatulistiwa.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang di dunia. Meskipun dengan statusnya yang sedang berkembang, Negara Indonesia cukup dikenal dimata dunia.

Dari bangsa-bangsa lain, Indonesia dikenal dengan julukan Zamrud Khatulistiwa, Negara Maritim, Negara Agraris, Negara Seribu Pulau, Nusantara, Negara Seribu Candi, Negara Nyiur, Garuda, Negara Megabiodiversitas dan lain-lain, selengkapnya dapat kamu baca di bawah ini.  

Zamrud Khatulistiwa


Kata Zamrud Khatulistiwa diambil karena Indonesia memiliki penampakan yang hijau ketika dilihat dari langit. Ini disebabkan oleh letaknya yang berada tepat di bawah garis khatulistiwa sehingga Indonesia mendapatkan cahaya yang cukup untuk mendukung keanekaragaman hayatinya.
Julukan Indonesia dari Bangsa Lain

Negara Maritim

Disebut sebagai Negara Maritim karena Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas.

Negara Agraris

Lahan Pertanian yang luas serta mata pencaharian penduduk yang sebagian besar merupakan petani menyebabkan Indonesia mendapatkan julukan Negara Agraris

Negara Seribu Pulau

Indonesia terdiri dari setidaknya 13.487 pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke menyebabkan Negara Indonesia disebut sebagai Negara Seribu Pulau sekaligus sebagai negara Kepulauan.

Nusantara

Julukan ini berasal sejak dari zaman kerajaan Majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai papua dalam literatur Jawa.

Negara Seribu Candi

Julukan ini menyangkut pada salah satu situs 7 keajaiban dunia yaitu candi Borobudur yang terletak di Magelang, Indonesia

Negara Nyiur

Disebut sebagai Nyiur karena Indonesia memiliki banyak sekali wilayah pantai yang ditumbuhi oleh pohon kelapa. (Kelapa = Nyiur)

Garuda

Julukan ini diberikan sebagaimana simbol dari Negara kita yaitu Burung Garuda Pancasila

Negara Megabiodiversitas

Julukan ini diberikan oleh para peneliti dunia yang kagum akan keberaneka-ragaman flora dan fauna di Indonesia termasuk adanya flora dan fauna langka di Indonesia seperti Komodo, Raflesia Arnoldi, dan Anggrek hitam.

Heaven Earth

Heaven Earth atau disebut sebagai Surganya dunia karena Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, tanah yang subur serta keindahan panorama alam yang memikat.

Paru-paru Dunia

Julukan  ini diberikan oleh Negara USA dan Singapura untuk Kalimantan dengan Hutan yang Luas dan lebat sebagai penyimpan cadangan Oksigen bagi dunia

The Big Muslim Population

Julukan tersebut diberikan oleh umat muslim di dunia karena kekaguman mereka pada jumlah pemeluk agama islam di Indonesia

Our Large Neighbour to North and Nearest Asian Neighbour

Indonesia merupakan negara tetangga asia yang terdekat dan terbesar yang dimiliki oleh Australia.

Balinesia

Disebut balinesia oleh para turis pada saat berkunjung di Bali. Mereka sebagian tidak mengerti bahwa Bali merupakan bagian dari Indonesia.

Macan Asia yang Tertidur

Julukan sebenarnya adalah Macan Asia, namun di era modern ini julukan tersebut berganti menjadi Macan Asia yang Tertidur. Julukan ini diberikan karena Indonesia di akui oleh bangsa Asia bahwa Indonesia berpotensi besar menjadi Nega Adidaya

Mafia Asia

Merupakan sebutan yang diberikan karena Indonesia selalu terdepan atau penggerak pembahasan permasalahan Asia.

Itulah sebagian julukan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Kita sebagai Bangsa Indonesia seharusnya merasa bangga dan selalu menjaga nama baik negara kita. Merdeka !
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.