Soal - Soal dan Jawaban UAS/UKK PPKn Kelas X SMA/MA/SMK Part 2

Soal - Soal dan Jawaban UAS/UKK PPKn Kelas X SMA/MA/SMK Part 2




Soal dan Jawaban Ujian PPKN SMA dan SMK




soal dan jawaban pelajaran PPKN


Sebutkan pembagian hukum berdasarkan wujudnya !

a.         Hukum objektif
Hukum objektif adalah hukum dalam suatu negara yang berlaku umum dan tidak mengenal orang atau golongan tertentu. Hukum ini hanya menyebutkan peraturan hukum saja yang mengatur hubungan hukum antara dua orang atau lebih.
b.         Hukum subjektif
Hukum subjektif adalah hukum yang timbul dari hukum objektif dan berlaku terhadap seorang tertentu atau lebih. Hukum subjektif disebut juga hak. Pembagian jenis ini jarang digunakan orang.

Sebutkan kekuasaan kehakiman di dalam pengadilan umum !

·         Pengadilan Tinggi
·         Pengadilan Negeri
·         Mahkamah Agung


Sebutkan unsur-unsur perlindungan hukum !

·         Adanya perlindungan terhadap hak-hak asasi manusia (HAM)
·         Pemerintahan berdasarkan peraturan
·         Adanya peradilan administrasi

 Sebutkan isi teori keadilan menurut Aristoteles !

a.       Keadilan Komutatif
Keadilan komutatif adalah perlakuan terhadap seseorang dengan tidak melihat jasa-jasa yang telah diberikannya.
b.      Keadilan Distributif
Keadilan distributif adalah perlakuan terhadap seseorang sesuai dengan jasa-jasa yang telah diberikannya.
c.       Keadilan Kodrat Alam
Keadilan kodrat alam adalah memberi sesuatu sesuai dengan yang diberikan oleh orang lain kepada kita.
d.      Keadilan Konvensional
Keadilan konvensional adalah kondisi jika seorang warga negara telah menaati segala peraturan perundang-undangan yang telah dikeluarkan.
e.       Keadilan Perbaikan
Perbuatan adil menurut perbaikan adalah jika seseorang telah berusaha memulihkan nama baik orang lain yang telah tercemar.

 Sebutkan pengertian warga Negara, Kewarganegaraan, dan pewarganegaraan !

Warga Negara, penduduk sebuah negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga negara dari negara itu.
Kewarganegaraan, hal yang berhubungan dengan warga negara dan keanggotaan sebagai warga negara.
Pewarganegaraan, proses, cara dan perbuatan mewarganegarakan.

Apa arti  The Government of The People !
Pemerintahan dari Rakyat.

 Sebutkan asas pokok demokrasi !
a.       Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan. Misalnya: Pemilihan wakil-wakil rakyat untuk lembaga perwakilan rakyat secara langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil.
b.      Pengakuan hakikat dan martabat manusia. Misalnya: Adanya tindakan pemerintah untuk melindungi HAM demi kepentingan bersama.


 Sebutkan pengertian demokrasi, demokrasi pancasila, demokrasi langsung, dan demokrasi terpimpin !

Demokrasi : secara bahasa berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'demos' dan 'kratos' Demos berarti rakyat, sedangkan kratos berarti pemerintah. Oleh karenanya secara sederhana pengertian demokrasi diartikan sebagai pemerintahan yang dikendalikan oleh rakyat (pemerintahan rakyat), atau yang lebih populer pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat.

Demokrasi Pancasila salah satu bentuk demokrasi yang penyelenggaraan didasarkan atas aspirasi, kinginan, serta kepentingan masyarakat (rakyat pada umunya), bukan atas dasar perseorangan atau kelompok (baik mayoritas maupun sebaliknya), oleh karenanya dalam perjalannya dikembalikan kepada rakyat (hati nurani rakyat yang memutuskan). Negara dengan sistem Demokrasi Pancasila tidak lain tidak bukan adalah Indonesia, karena ideologi yang dipakai negara kita adalah Pancasila.

Demokrasi Langsung : Demokrasi langsung merupakan sistem demokrasi yang mengikutsertakan seluruh rakyat secara langsung dalam membicarakan atau menentukan urusan negara. Hal ini terjadi pada zaman Yunani kuno karena penduduknya masih sedikit.

Demokrasi Terpimpin   : salah satu bentuk demokrasi yang memberikan keleluasaan kepada rakyatnya namun diatur dan diarahkan oleh pimpinan negara, bentuk ini disebut juga sebagai semi otoriter atau pimpinan tunggal. Istilah demokrasi terpimpin dikenalkan oleh Presiden Soekarno melalui dekrit presiden tahun 1959, yang menyatakan bahwa demokrasi terpimpin bukanlah diktator, sentralistik, ataupun liberal, akan tetapi demokrasi terpimpin merupakan permusyawaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, bukan dengan perdebatan dan penyiasatan.

Sebutkan isi Pasal 27 ayat 1, Pasal 28 A Ayat 1, dan Pasal 30 ayat 1 UUD 45

Pasal 27 Ayat 1
Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
Pasal 28 Ayat A 1
Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya
Pasal 30 Ayat 1
Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Buatkan contoh sikap positif warga Negara dalam pengembagan demokrasi !
  • Memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat melalui wadah penyalur aspirasi masayarakat sesuai peraturan perundang undangan.
  • Ikur meningkatkan program pendidikan politik yang berdasarkan pancasila dan UUD'45 bagi semua lapisan masyarakat agar masyarakat sadar akan hak dan kewajibanya sebagai warga negara serta meningkatkan motivasi dan peran sertanya dalam pembangunan nasional.
  • Turut mengembangkan budaya politik yang menjunjung tinggi semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan keterbukaan yang bertanggung jawab dengan didukung oleh moral dan etika politik yang bersumber oada nilai nilai pancasila.
  • Meningkatkan dan mengembangkan kehidupan demokrasi dan tegaknya hukum dalam rangka terpeliharanya kemantapan stabilitas politik yang sehat dan dinamis, kemantapan mekanisme demorkasi pancasila, serta kemantapan mekanisme suksesi kepemimpinan nasional berdasarkanUUD'45.
  • Meninggkatkan kesadaran dan peran serta politik masyarakat. Termasuk upaya pemantapan keyakinan rakyat terhadap Pancasila sebagai asas dalam kehidupan bermasayrakat, berbangsa dan bernegara.

Soal dan Jawaban PPKn Part #1
Soal dan Jawaban PPKn Part #2
Soal dan Jawaban PPKn Part #3


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel