Letak Geografis Inggris

peta negara Inggris

Letak Inggris Letak Inggris secara geografis mencakup dua pertiga dari Pulau Britania Raya di bagian tengah dan selatan, ditambah pulau-pulau lepas pantai seperti Isle of Wight dan Isles of Scilly.

Inggris berbatasan dengan dua negara lainnya di Britania Raya; Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat.

Inggris adalah negara yang lokasinya paling dekat ke benua Eropa dibanding negara-negara lainnya di Kepulauan Britania.

Geografis Inggris


Jarak Inggris Negara ini berjarak 34-kilometer (21 mi) dari Perancis, yang dipisahkan oleh Selat Inggris dan dihubungkan oleh terowongan bawah laut Channel di dekat Folkestone.

Inggris juga mempunyai pantai di Laut Irlandia, Laut Utara dan Samudera Atlantik.


Sungai dan Pelabuhan di Inggris

Pelabuhan London, Liverpool, dan Newcastle masing-masingnya berlokasi di sungai-sungai pasang surut Thames, Mersey dan Tyne.

Dengan panjang sekitar 354 kilometer (220 mi), Sungai Severn adalah sungai terpanjang yang mengalir melintasi Inggris.

Sungai ini bermuara di Selat Bristol dan terkenal sebab air pasangnya yang mencapai ketinggian hingga 2 meter (6.6 ft). Sungai terpanjang di Inggris selanjutnya adalah Sungai Thames (346 kilometer (215 mi)). Ada banyak danau di Inggris, yang terbesar adalah Windermere di Danau District.

Pegunungan dan Bukit


Dalam istilah geologi, Pennines, yang dikenal sebagai "tulang punggung Inggris", adalah pegunungan tertua di negara ini, yang berasal dari akhir Zaman Paleozoikum, sekitar 300 juta tahun yang lalu. Komposisi geologis pegunungan ini terdiri atas batu pasir, batu kapur, serta batubara.

Terdapat lanskap karst di wilayah kalsit seperti di bagian Yorkshire dan Derbyshire. Lanskap Pennine adalah tegalan tinggi di kawasan dataran tinggi, terkenal sebab lembah suburnya di kawasan-kawasan tepi sungai.

Taman Nasional


Di Pennines terdapat tiga taman nasional, yaitu Yorkshire Dales, Northumberland, dan Peak District. Titik tertinggi di Inggris berada pada 978 meter (3,209 ft) di Scafell Pike, Cumbria. Bukit Cheviot membentang melintasi perbatasan antara Inggris dan Skotlandia.


Dataran Rendah dan Tinggi


Di Inggris terdapat di sebelah selatan Pennines, yang terdiri atas perbukitan hijau seperti Bukit Cotswold, Bukit Chiltern, North Downs dan South Downs.

Semenanjung Barat Daya di West Country juga mencakup tegalan dataran tinggi yang beriklim sedang seperti Dartmoor dan Exmoor. Kedua kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional.

Sumber: https://id.wikipedia.org
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel