Tujuan Transmigrasi

Tujuan Transmigrasi

tujuan dan program transmigrasi




Faktor Kemiskinan di Indonesia

Kemiskinan di Indonesia disebabkan oleh tidak merata penduduk di Indonesia, kesenjangan sosial antara masyarakat kaya dan miskin serta latar belakang pendidikan yang terbelakang merupakan faktor terjadinya kemiskinan di negara ini.

Apabila kemiskinan di Indonesia tidak diselesaikan, maka negara akan dirugikan secara material maupun sosial.

Faktor lain yang menyebabkan kemiskinan di Indonesia adalah terpusatnya masyarakat miskin di perkotaan dan di daerah penyangga kota, sehingga program transmigrasi sangat dianjurkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang menginginkan kesejahteraan di luar dari daerah pemukiman padat di luar pulau.

Pulau Kalimantan dan Pulau Papua merupakan dua pulau yang jarang penduduknya dan kondisi alam yang belum disentuh sepenuhnya oleh pertanian dan teknologi sehingga hal ini bisa dimanfaatkan penduduk lain di perkotaan yang miskin untuk melakukan transmigrasi.

Hal demikian supaya pemerataan ekonomi dan kesenjangan sosial bisa dicarikan solusi dan kemiskinan bisa ditekan seminimal mungkin.

Kesejahteraan penduduk dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat tentunya.


Tujuan Transmigrasi

Ada beberapa hal yang menjadi tujuan transmigrasi di Indonesia, yaitu :
  1. Membuka daerah yang kurang penduduknya, sekaligus meningkatkan potensi ekonomi daerah itu 
  2. Meningkatkan hasil produksi pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian di daerah tujuan transmigrasi 
  3. Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa secara sosial budaya 
  4. Menjadikan persebaran penduduk lebih merata 
  5. Memperkuat pertahanan dan keamanan nasional 
  6. Meningkatkan taraf hidup rakyat peserta transmigrasi

Dari 6 program transmigrasi tersebut program transmigrasi merupakan cara pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan memberikan solusi kepada penduduk yang berkeinginan membuka diri dalam membuka lahan pertanian baru di luar pulau yang jarang penduduknya.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.