Upaya Pencegahan dan Dampak dari Disintegrasi Bangsa Indonesia

cara mengatasi perpecahan bangsa dan mendirikan negara sendiri


Dalam disintegrasi pasti ada penyebab terjadinya perpecahan bangsa yang dilatar belakangi oleh proses perselisihan, perbedaan pendapat yang tidak ada solusi karena merasa sama-sama mempunyai kepentingan dan kebenaran tujuan, perbedaan ideologi yang mencolok dan berakhir pada perpecahan itu sendiri.

Perpecahan bangsa akan terjadi jika semua elemen masyarakat tidak mempercayai dan mendukung kerangka persatuan dalam menjaga integritas suatu bangsa dan ada pihak yang selalu dirugikan.


Upaya Pencegahan Disintegrasi Bangsa


Maka harus ada solusi dalam mencegah dari dampak disintegrasi bangsa yang merugikan dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia.

Lalu bagaimana cara mengatasi perpecahan bangsa yang diakibatkan oleh ideologi semu dan kehilangan integral bangsa itu?


Bagaimana Pencegahan Disintegrasi Bangsa

  • Hukum di Indonesia harus tegas demi menjaga persatuan (integrasi ), serta tidak menimbulkan perpecahan (disintegrasi) wilayah dan ideologi
  • Hukum di Indonesia harus berdasarkan Pancasila dan tidak untuk mementingkan golongan atau pribadi melainkan demi kepentingan negara
  • Keadilan harus dijunjung tinggi, tidak ada penyalahgunaan hukum atau penindasan
  • Toleransi antar agama, suku, dan ras harus ditingkatkan
  • Meningkatkan rasa nasionalisme
  • Upaya integrasi nasional harus dijalankan semaksimal mungkin dan dilakukan oleh setiap warga negara


Dampak atau Pengaruh Disintegrasi Bangsa


Akibat Disintegrasi yaitu Mengancam keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa yang bedampak pada pemisahan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
Disintegrasi juga mengakibatkan terjadinya suatu pemisahan wilayah yang akibatnya mereka ingin mendirikan negara sendiri.

Hilangnya kekayaan alam yang dimiliki wilayah yang memisahkan diri membuat negara akan mengalami banyak kerugian baik materi maupun perekonomian negara.


Kesimpulan


kita harus meningkatkan rasa Nasionalisme kita sekaligus mementingkan kepentingan negara dibandingkan mementingkan kepentingan golongan atau pribadi.

Contohnya sendiri banyak partai politik yang hanya mementingkan partai sendiri dibandingkan tujuan utama mereka untuk membangun negara semakin maju, hal ini memilukan walaupun tidak semuanya begitu.


Semoga bermanfaat
@TugasKurtilas

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel