Letak Geografi Pelabuhan Ikan terbesar di Amerika Utara

Letak Geografi Pelabuhan Ikan terbesar di Amerika Utara

map pelabuhan ikan terbesar di amerika utara di kota halifax



Pelabuhan Ikan Terbesar Di Amerika Utara

Pelabuhan ikan terbesar di Amerika utara ada di Halifax, tepatnya di negara Kanada. Pelabuhan halifax merupakan pelabuhan yang sangat ramai dalam penjualan dan pelelangan ikan segar yang di dapat langsung dari laut.

Sejarah Singkat Halifax

Halifax terletak di kota Nova Scotia, negara Kanada dimana kota tersebut sangat ramai dalam perdagangan laut. Sejarah kota Halifax dimulai pada tahun 1600 dimana bangsa Perancis menduduki daerah Acadia sebagai daerah koloni.

Pada tahun 1749  orang - orang Inggris perantauan menetap di Halifax pada  tahun 1749, karena daerah tersebut berdekatan dengan koloni Perancis, maka terjadilah perang yang dipicu oleh pernyataan Pastor Le Loutre yang memicu Perang dimana daerah Mi'kmaq, Acadian harus dijaga dari serangan Perancis di pemukiman Protestan baru.

Lalu orang - orang Inggris mendirikan benteng pertahanan di Halifax (Citadel Hill) (1749), Bedford (Fort Sackville) (1749), Dartmouth (1750), dan Lawrencetown (1754). 

Peperangan tersebut membuat kota pelabuhan di Halifax menjadi rebutan bangsa Perancis dan Inggris, namun akhirnya bangsa Inggris memenangkan peperangan tersebut. Kemudian membentuk kota pelabuhan dibawah kekuasaan Inggris 

Kota Halifax adalah sebuah kota yang tergabung di Nova Scotia, Kanada, yang didirikan sebagai Kota Halifax pada tahun 1749, dan didirikan sebagai sebuah kota pada tahun 1842. Pada tanggal 1 April 1996, pemerintah Nova Scotia membubarkan Kota Halifax, dan menggabungkan empat kotamadya di Halifax County dan membentuk Halifax Regional Municipality.

Kota Pelabuhan Ikan

Sewaktu saya masih sekolah SMP dulu saya diajari oleh guru geografi tentang sejarah singkat kota Halifax dan perdagangan ikan terbesar di Amerika Utara, dimana daerah tersebut sebagai tempat pelelangan ikan segar dan tempat supply ikan segar ke negara Kanada dan Amerika serikat.

Pelabuhan Halifax selalu ramai dengan penjualan ikan dan kota pelabuhan itu sebenarnya terpisah oleh benua Amerika dimana pulau Halifax adalah pulau tersendiri dan masuk sebagai wilayah Kanada.

Sejarah panjang kota ikan tersebut telah menorehkan banyak sejarah mengenang tragedi perang kemerdekaan bangsa Kanada dan Perang Dunia ke 2. Halifax dekat dengan wilayah Amerika Serikat.

Ibukota Halifax adalah Nova Scotia dimana kota tersebut telah berubah menjadi kota dagang dan bisnis yang terkenal di dunia.

Bahasa resmi negara Kanada adalah bahasa Inggris dan Perancis, dimana negara tersebut di huni oleh penduduk sekitar 36 juta jiwa dan di kota Halifax di huni sekitar 300.000 jiwa.

Perdagangan ikan yang paling banyak di kota Halifax adalah ikan tuna dan ikan salmon, dengan perdagangan ikan setahun mencapai nilai ekspor 4.183.379.000 USD, sehingga menempatkan Kanada sebagai negara dengan penjualan ikan tuna nomer 6 dunia yang dirilis data pada tahun 2015 akhir.

Kota pelabuhan Halifax masuk dalam jajaran kota pelabuhan ikan terbesar di dunia, sehingga julukan kota ikan terbesar di Amerika utara ada di kota Halifax dengan ibukota Nova Scotia.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel