Letak Geografi Singapura dan Gambaran Singkat

Letak Geografi Singapura dan Gambaran Singkat

astronomi dan geografi Singapura lengkap beserta deskripsinya


Letak Geografi Singapura

Singapura merupakan negara pulau dan negara kota. Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara, dengan luas wilayah 719,1 Km persegi. Dengan kepadatan penduduk setiap 1 km persegi terdapat 7.787 orang / km persegi. Menjadikan Negara terpadat di dunia.

Letak Astronomi Singapura

Secara Astronomi negara Singapura terletak diantara 1 derajat 15 LU - 1 derajat 30 LU dan 103 derajat 38 BT - 104 derajat BT.

Batas Wilayah Singapura

Secara Geografis negara Singapura berbatasan dengan pulau, laut, selat, dan negara. Dengan batas - batas sebelah:
  • Utara : Selat Johor
  • Timur : Selat Karimata dan Kepulauan Indonesia
  • Selatan : Selat Singapura dan Kepulauan Batam Indonesia
  • Barat : Selat Malaka 

Jumlah penduduk Singapura 5,6 juta jiwa menurut sensus penduduk tahun 2016, dimana di dominasi 74 %  etnis Tionghoa, 13 % etnis Melayu dan 9 % etnis India dan 4 % etnis Campuran, dengan pendapatan per kapita 52.000 US dolar dan pendapatan doomestik bruto (PDB) sekitar 487,9 milyar dolar menjadikan Singapura negara terkaya di dunia.

Letak geografis Singapura di ujung daratan benua Asia atau tepatnya di ujung semenanjung Melayu, dengan luas wilayah yang bertamnah setiap tahun dengan proyek reklamasi membuat Singapura menjadi negara kota termaju di wilayah Asia Tenggara.

Bahasa Terbanyak Digunakan di Singapura

Ada 4 bahasa yang digunakan sebagai percakapan sehari - hari di Singapura, bahasa resminya Inggris dan bahasa lainnya yaitu Melayu, India Tamil dan China Mandarin.

Singapura dijuluki dengan negara surga belanja dunia dimana jutaan produk dari seluruh dunia dipasang di etalase yang memamerkan produk dan jasa dari seluruh belahan negara dunia. 

Ekspor dan Impor merupakan landasan ekonomi Singapura dimana pengolahan minyak bumi, manufakturing, elektronik, bahan kimia, dan komoditi lain di jual di bursa setempat.

Singapura Pusat Bisnis Dunia

Singapura juga terkenal dengan pusat bisnis dunia dimana saham, surat - surat berharga, surat utang negara (SUN) dari negara lain juga disimpan dalam bentuk portofolio, saham, kepemilikan usaha dengan tingkat sekuritas tertinggi dan paling aman di dunia.

Banyak pelancong dan bisnisman yang sering berkunjung di Singapura untuk berdagang dan melakukan kerjasama bisnis di gedung - gedung pencakar langit kota Singapura.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel