Apa itu Kewirausahaan? - Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha

Apa itu Kewirausahaan? - Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha

wirausaha muda merupakan pondasi ekonomi bangsa dan negara


Pengertian Entrepreneurship


Istilah Kewirausahaan dalam bahasa inggris disebut entrepreneurship dalam bahasa Inggris. Kata entrepreneurship sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yaitu 'entreprende' yang berarti petualang, pencipta, dan pengelola usaha.

Istilah tersebut diperkenalkan oleh Richard Cantillon pada 1755. Sebelumnya, kata entrepreneur secara tertulis pertama kali digunakan oleh Savary pada tahun 1723 dalam bukunya berjudul "Kamus Dagang".

Istilah ini semakin populer setelah digunakan oleh pakar ekonomi J.B. Say pada 1803 untuk menggambarkan para pengusaha yang mampu memindahkan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ke tingkat produktivitas yang lebih tinggi dan menghasilkan lebih banyak lagi.

Istilah entrepreneurship dalam bahasa Indonesia memiliki beberapa kata yang sering diartikan sama, di antaranya adalah wiraswasta, pengusaha, pedagang, saudagar, dan yang terakhir wirausaha.

Arti dalam bahasa Indonesia :

· Wira : utama, gagah, luhur, berani, teladan, pejuang
· Swa : sendiri swa : sendiri
· hasta : tangan sta : berdiri

Arti Wirausaha

Sedangkah, Wirausaha sendiri adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dan fungsinya adalah untuk melakukan inovasi, atau menciptakan kombinasi-kombinasi baru.

Wirausaha menjalankan proses yang disebut dengan 'creative destruction' terhadap keseimbangan pasar.

Inovasi yang diciptakan oleh wirausaha akan menghancurkan keseimbangan yang terdapat di dalam pasar untuk kemudian mencapai keseimbangan baru dengan keuntungan-keuntungan atas inovasi tersebut.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel