Apa itu Menhir ?

Apa itu Menhir ?

gambaran menhir sebagai tempat pemujaan


Pengertian Menhir


Apa itu Menhir ?

Menhir adalah salah satu bagunan pada jaman megalithikum yang berupa tugu dari batu tunggal yang didirikan untuk upacara penghormatan roh nenek moyang, sehingga menjadi benda pemujaan.

Menhir dianggap sebagai media penghormatan, menjadi tahta kedatangan roh, sekaligus menjadi lambang diri orang yang sudah meninggal. Adapun bentuk menhir dapat dilihat pada beberapa contoh gambar menhir berikut :

Dimana daerah yang banyak ditemukan menhir?

Daerah Yang Banyak Menhir

Menhir banyak ditemukan di Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan.

Di daerah Belubus, Kecamatan Guguk, Kabupaten Lima puluh Koto, Sumatera Barat, terdapat menhir yang tingginya 125 cm, berbentuk seperti gagak pedang.

Menhir ini ditanam dengan posisi menghadap Gunung Sago (”sago” artinya sawarga atau surga).

Di Pasemah ditemukan menhir berdiri tunggal atau berkelompok  membentuk formasi temu gelang,segi empat, atau bujur sangkar.

Menhir polos ditemukan di Karang dalam setinggi 160 cm,berdiri diatas bangunan batu berundak, di atas undak-undak batu tersebut terdapat terdapat batu lubang seperti lumpang.

Tegurwangi memiliki banyak menhir polos dengan tinggi maksimal 150 cm. Menhir yang lebih kecil setinggi 40 cm,ditemukan di Mingkik berdekatan dengan bangunan berundak rangkap.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel