Apa itu Sarkofagus ?

Apa itu Sarkofagus ?

sarkofagus di Bali


Apa itu Sarkofagus ? 

Sarkofagus adalah salah satu bagunan pada jaman megalithikum yang berfungsi sebagai keranda dari batu besar berbentuk lesung atau palung dengan tutup di atasnya. Fungsi sarkofagus pada jamannya adalah sebagai kubur batu atau dolmen.

Kata "sarkofaus" berasal dari bahasa Yunani σάρξ (sarx, "daging") dan φαγεῖνειν (phagein,"memakan"), dengan demikian sarkofagus bermakna "memakan daging".

Sarkofagus sering disimpan di atas tanah oleh karena itu sarkofagus seringkali diukir, dihias dan dibuat dengan teliti.

Beberapa dibuat untuk dapat berdiri sendiri, sebagai bagian dari sebuah makam atau beberapa makam sementara beberapa yang lain dimaksudkan untuk disimpan di ruang bawah tanah.

Di Mesir kuno, sarkofagus merupakan lapisan perlindungan bagi mumi keluarga kerajaan dan kadang-kadang dipahat dengan alabaster.

Contoh Sarkofagus

Peninggalan ini banyak ditemukan di Bali, sarkofagus di Bali masih dianggap keramat dan magis oleh masyarakat sekitar.

Selain itu juga terdapat di beberapa tempat di Bondowoso, antara lain di desa Ginseran, Kecamatan Wringin, 19 Km ke arah barat kota Bondowoso.

Situs yang lain juga terdapat di desa Grujugan, Bondowoso, dimana terdapat 462 situs purbakala, seperti sarkofagus, arca, menhir, plumpung dan batu susu bisa ditemukan.

Secara umum, di Bondowoso sendiri, terdapat sekitar 1000 lebih situs purbakala yang bisa dikunjungi.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.