Letak Geografi Kerajaan Angling Dharma

kerajaan malwapati dengan patih batik madrim



Letak Geografi Kerajaan Angling Dharma


Angling Dharma merupakan tokoh raja Jawa dengan tahun sejarah yang masih rancu, dari kerajaan Malwapati, tepatnya di kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur atau kurang lebih 180 km arah barat kota Surabaya.

Lokasi kerajaan Angling Dharma dekat sungai Brantas atau sungai percabangan Bengawan Solo yang membagi kota Bojonegoro menjadi dua bagian.

Posisi koordinat Bojonegoro 07º 10’ LS 111º 53’ BT dimana tempat tersebut menurut cerita rakyat Bojonegoro adalah bekas kerajaan Malwapati.


Kemusnahan Kerajaan Angling Dharma

Kerajaan Angling Dharma musnah ketika raja tersebut melakukan muksa atau tapa brata dan sisa-sia kerajaan tersebut masih terdapat diantara Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur sampai Kabupaten Pati di Jawa tengah.

Sisa kerajaan Malwapati juga ditemukan di desa Baleadi, kecamatan Sukolilo, kabupaten Pati Jawa tengah.

Menurut pakar sejarah di daerah antara Pati sampai Bojonegoro pada awalnya adalah bentuk petilasan kerajaan Malwapati tempat Angling Dharma memerintah.

Dengan ditemukan berupa batu bata sisa petilasan kerajaan dahulu, yang diyakini masyarakat disana sebagai tempat kerajaan Angling Dharma.

Seorang penulis yang berasal dari Inggris yaitu H.G. Wells yang berpendapat tentang Raja Asoka, di India "Dalam sejarah dunia, ada ribuan raja dan kaisar yang menyebut dirinya dengan kata Yang Agung atau Yang Sangat Mulia. menurut H.G Wells Raja tetap bersinar selama waktu yang singkat, kemudian hilang. Namun, Asoka tetap bersinar dan bersinar cemerlang seperti bintang yang cemerlang, bahkan sampai sekarang."

Begitu juga raja Angling Darma, raja di tanah Jawa ini memiliki patih sakti bernama Batik Madrim dimana raja dan patih merupakan tokoh yang mempunyai kekuatan sakti dan namanya selalu dikenal dalam sejarah.

Banyak cerita dari masyarakat Bojonegoro yang bercerita bahwa dulunya daerah itu adalah daerah bekas kerajaan Malwapati dimana raja Angling Dharma dan patih Batik Madrim memerintah.

Memerintah kerajaan dengan bijaksana dan rakyat disini banyak yang menyanjung raja Angling Dharma sebagai raja yang bijaksana.

Bukti dari sisa - sisa kerajaan Angling Dharma belum dipastikan secara kebenaran, sebab banyak daerah di sekitar Bojonegoro sampai Pati yang melakukan klaim atas tanah bekas kerajaan Malwapati dimana kerajaan tersebut adalah kerajaan Angling Dharma.

Sisa-Sisa Kerajaan Angling Dharma

Bukti sisa-sisa kerajaan tersebut belum diketahui kebenarannya menurut ahli sejarah sehingga klaim atas tanah Malwapati belum selesai sampai sekarang.

Lalu dimana letak sesungguhnya kerajaan Angling Dharma berada?

Jawabannya ada dalam petilasan kerajaan Angling Dharma di daerah kekuasaannya yaitu Malwapati antara Bojonegoro sampai daerah Pati.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel