Peninggalan Kuno Dinasti dan Kerajaan Cina Yang Berharga

Peninggalan Kuno Dinasti dan Kerajaan Cina Yang Berharga




Peninggalan Berharga Pada Masa Dinasti Cina


Peninggalan bangsa Cina mempunyai nilai histori yang tinggi dimana kebudayaan dan peradaban Cina tak lekang oleh waktu.

Nah peninggalan bangsa Cina yang berharga adalah sebagai berikut:



Kalender

Kalender bangsa Cina telah digunakan sejak zaman neolitikum dan berdirinya dinasti Xia sekitar 2000 tahun yang lalu.

Peninggalan bangsa Cina tersebut yang berbentuk kalender pada awalnya digunakan untuk menghitung masa bercocok tanam dan masa panen.

Kalender Imlek


Namun perkembangan kalender tersebut telah mengalami kemajuan dengan adanya penanggalan Shio untuk berdagang dan pengembangan bisnis di Cina.

Kalender Cina terkenal dengan kalender Imlek dimana penanggalam Cina juga digunakan untuk astrologi dalam menentukan rasi bintang dan pelayaran.


Great Wall atau Tembok Besar Cina

Tembok besar Cina pertama di bangun pada awal pemerintahan dinasti Han dimana pada saat itu untuk membendung serangan bangsa bar-bar dari Asia Utara dan sebagai perlindungan disaat masa perang sedang berkecamuk di negeri Cina zaman kuno dan diteruskan dinasti-dinasti selanjutnya.

Tembok Cina


Tembok besar Cina mengalami perkembangan pesat dan terbentang sampai kurang lebih 5000 km saat masa dinasti Ming dan disempurnakan pada dinasti Qing.


Istana

Istana merupakan tempat pemerintahan pada masa dinasti dan tempat raja serta selir dan pejabat istana tinggal.

Istana megah di Cina

Pembangunan pertama istana sebenarnya dimulai pada masa dinasti Qin dimana istana merupakan tempat penghormatan raja yang sebagai penjelmaan dewa menurut tradisi Cina kuno sehingga rakyat membangun istana megah untuk tinggal raja.


Guci

Guci Cina terkenal di seluruh dunia karena bahan keramik dan porselin telah membuat peradaban Cina dikenal seluruh dunia.


Keramik Guci


Guci pertama ditemukan pada masa dinasti Han dimana pada awal mulanya digunakan dari tembikar yang terbuat dari tanah lempung namun karena keramik dan porselin ditemukan, maka tembikar yang dari lempung disulap menjadi Guci keramik.


Filsuf

Filsafat di Cina sangat terkenal di dunia dimana 3 Filsuf terkenal lahir pada zaman dinasti Chao yaitu:

1. Laozi
2. Kong Fu Zi
3. Mengzi


    Filsuf Cina


    Laozi mengajarkan ajaran dengan nama Tao Te Ching (ajaran Tao), ajaran Tao mengajarkan manusia untuk semangat dalam menapaki kehidupan dan mengajarkan manusia menerima nasib hidup, menyelaraskan kehidupan (hidup harmoni) dengan alam semesta dan kehidupan kekal abadi.

    Kong Fu Zi mengajarkan ajaran dengan nama Kong Hu Chu, ajaran tersebut mengajarkan seni berpikir dan sikap hidup yang harus dimiliki oleh seseorang dan keluarga. Raja harus bijaksana dan arif kepada rakyatnya.

    Mengzi merupakan murid dari Kong Fu Zi yang mengajarkan rakyat jelata yang penting untuk kehidupan bangsa dan negara.


    Seni Lukis


    Seni lukis mengalami perkembangan yang sangat pesat pada awal masa dinasti Han, dimana setiap karya lukis dan gambar di pajang di istana raja.

    Lukisan Cina


    Karya lukis yang terkenal pada zaman itu yaitu melukis pada keramik dan seni lukis keramik mengalami kemajuan pada masa dinasti Han, dimana lukisan penyu dan lukisan guci mengalami kemajuan sangat pesat dan mengawali masa menengah pada zaman dinasti dan kerajaan di Cina.


    Kertas


    Kertas pertama kali ditemukan di Cina ditemukan secara tidak sengaja pada sebuah kain kering yang  dipadatkan dengan adonan di dalam dan membentuk selembar kertas tebal.

    Kertas pertama ditemukan pada masa dinasti Han, terbuat dari campuran daun nanas (herb), kulit kayu dan serat pohon, ditemukan oleh Cai Lun (Tsai Lun) pada tahun 105 M.

    Cai Lun lahir di daerah Guiyang, provinsi Hunan dengan nama lengkap adalah Cai Jungzhon, sebenarnya pembuatan kertas oleh dia didapatkan secara tidak sengaja saat dia membuat adonan dari campuran bahan-bahan diatas.

    Pembuatan kertas pada zaman dinasti dulu yaitu campuran bahan-bahan adonan pilihan dipadatakan dalam secarik kain dan setelah kering empatan tersebut berbentuk lembaran kertas tebal dan mulai ditulis dengan tinta minyak dan tercipta tulisan, pada zaman dahulu orang menggunakan bambu yang ditulis sebagai kertas.

    Kemudian eksperimen cai lun berkembang ke campuran serbuk gergaji, bubuk kayu, kulit jagung, getah dan bahan lain sehingga tercipta kertas yang buram namun tebal.

    Mesin cetak ditemukan pada masa dinasti Tang.

    Penemu mesin cetak pada masa dinasti Tang dimana penemuan tersebut untuk mencetak kalender dan buku-buku sastra agar menjadi lebih rapi dan mudah disimpan di perpustakaan mini dalam kerajaan

    Penemu kertas pertama di dunia

    Kemudian kertas digunakan juga untuk membuat layang-layang, lukisan, karya sastra, dll



    Uang Kertas dan Cek


    Mata uang kertas pertama di dunia ditemukan di Cina dikenalkan oleh dinasti Tang sekitar tahun 650 Masehi sebagai alat tukar uang logam dan cek.

    Bentuk uang pertama Cina


    Sebab pada waktu itu membawa uang receh yang banyak beresiko terhadap perampokan, sehingga dinasti Tang memberikan garansi berupa uang kertas atau cek sebagai pengganti alat tukar uang receh.


    Tinta

    Tinta pertama ditemukan di Cina pada zaman dinasti Qin secara tidak sengaja saat mencampur kerak lampu minyak (ublik) dengan lem sehingga menghasilkan tulisan minyak atau terkenal dengan tinta minyak.

    Tinta cina


    Kemudian tinta menyebar ke India dan disempurnakan di India dengan membuat dari bahan pitch, tulang binatang dan campuran lainnya.


    Kain Tenun Sutra

    Bangsa Cina merupakan penemu kain sutra pertama di dunia yang terkenal halus dan lembut dengan tenunan yang bermotif dan berharga mahal.

    Kain sutra pertama


    Kain sutra ditemukan pada zaman dinasti Qin pada mulanya kain sutra ditemukan secara tidak sengaja oleh permaisuri kerajaan Leizu yang seringkali melihat kepompong di pohon mulberry.

    Tanpa sengaja permaisuri menjatuhkan kepompong ke dalam cangkir tehkepunyaannya dan memperhatikan isi dalam teh tersebut berubah menjadi helaian-helaian benang yang halus dan panjang.

    Lalu sang permaisuri menyuruh para dayang dan selir kerajaan untuk mengambil benang-benang dari kepompong ulat sutra dan disulam menjadi sebuah kain tenunan yang halus dan lembut juga sangat kuat daripada kapas.

    Pada waktu itu kebangkitan era kain sutra di Cina dan mengubah wajah Cina menjadi negara penghasil sutra pertama dan berkualitas.

    Hal tersebut mengawali zaman keemasan pakaian tenun dunia dan zaman dibukanya jalan sutra pertama.

    DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.