Sejarah Bangsa Israel Purba

Sejarah Bangsa Israel Purba

suku primitif bangsa israel atau disebut suku amori

Sejarah Kuno Bangsa Israel

Bangsa Israel purba disebut juga bangsa Amori dimana merupakan bangsa yang hidupnya sering berpindah-pindah dan tidak mempunyai rumah (nomaden), mendiami daerah sebelah barat sungai Efrat sampai daerah Levant sekitar negara Suriah dan Palestina.

Latar Belakang Bangsa Amori

Asal Usul Singkat Bangsa Israel purba

Sejarah panjang bangsa Israel lahir dari kebudayaan kuno Mesopotamia lama dimana bangsa yang terlahir dengan nama bangsa Amori tertuang dalam naskah kuno berbahasa Sumeria, ditulis dengan lempengan-lempengan tanah liat kuno yang menjelaskan bahwa bangsa bangsa Martu atau Bangsa Tidnum merupakan bangsa yang mendiami daerah sebelah barat sungai Efrat dan mempunyai bahasa yang lain.

Peradaban masa lampau bangsa Israel terjadi sekitar 2500 SM ditulis juga dalam bahasa semit kuno bahwa pada zaman kerajaan Ebla mereka dikunjungi oleh sekelompok orang primitif yang selalu berpindah-pindah dari di daerah hulu sungai efrat sampai utara Suriah yang mendiami lembah sempit di daerah itu.

Julukan bangsa Israel Purba.

  1. Bangsa Sumeria menjuluki bangsa Israel Purba dengan nama Martu atau Tidnum, 
  2. Bangsa Akkadia menjuluki dengan nama Amurum
  3. Bangsa Mesir menjuluki dengan nama Amar
  4. Orang Ibrani menjuluki dengan nama Emori


Pembagian Masa Bangsa Amori

Bangsa Israel purba dibagi menjadi 3 masa yaitu:
  1. Masa Purba atau masa Paleolitikum, sekitar (3000 SM -2500 SM)
  2. Masa Penggembala, sekitar (2500 SM -2250 SM)
  3. Masa Neolitikum Sumeria, sekitar (2250 SM - 1770 SM)


Masa Purba Bangsa Israel

Kehidupan nomaden atau pindah-pindah ini bangsa primitf Israel sering menggantungkan hidupnya di sekitar sungai Efrat dengan cara berburu hewan, makan daging mentah tanpa di masak di daerah sempit lembah Mesopatamia barat daya terjadi antara abad 3000 SM - 2500 SM.

Pada zaman ini dikenal juga dengan nama zaman paleolitikum bangsa Israel dimana peralatan sederhana seperti batu, tulang, ranting pohon digunakan untuk senjata dalam berburu.

Orang primitif bangsa Israel memakai baju dari kulit hewan untuk menutupi tubuhnya dari pengaruh dingin dan panas keadaan alam setempat.


Masa Penggembala

Ketika memasuki masa penggembala sekitar abad 2500 SM-2250 SM, jumlah kelompok bangsa purba Israel bertambah banyak dan mulai mengenal cara menggembala ternak, namun sering bersinggungan dengan penduduk kerajaan Ebla yang berbahasa semit mereka berbudaya Akkadia Sumeria.

Riwayat ini ditulis dalam lempengan kuno naskah kerajaan Ebla yang berbahasa semit dimana menyebut bahwa orang Israel kuno adalah bangsa yang primitf.
  • Bangsa Amori tidak mengenal dan menyukai makan biji-bijian 
  • Hidup gelandangan tidur diatas rumput
  • Makan daging mentah tanpa dimasak
  • Tidak mempunyai rumah
  • Mati tidak di kubur
  • Mencari jamur di daerah lembah mesopotamia sebelah barat dengan cara berdiri tanpa menekuk lutut


Pada masa penggembala orang Amori pintar dalam berburu hewan hanya cara hidupnya membuat bangsa Sumeria kuno seperti orang Akkadia, Sumeria kuno, Asyur tidak menyukai cara hidup yang menjijikkan hidup seperti hewan dan tidak mempunyai peradaban.

Orang Sumeria enggan berkawan dengan orang Amori yang jijik dan hidup seperti hewan.


Masa Neolitikum Sumeria

Pada masa kerajaan Ebla yang dipimpin oleh orang Sumeria kuno pada abad 2047 - 1750 SM pada masa kerajaan Shulgi pada wangsa atau dinasti ketiga dari dinasti Ur III, raja tersebut membangun tembok pertahanan sepanjang sekitar 170 km untuk menghadang orang Amori agar tidak bersinggungan dan berkawan dengan bangsa Amori.

Penyebab bangsa Amori melakukan invasi ke daerah yang diduduki oleh orang Sumeria karena faktor:

  • Kekeringan di daerah sungai Efrat
  • Terbatasnya jumlah hewan buruan yang ada di lembah sungai efrat
  • Bertambah pesat penduduk Amori mengakibatkan migrasi besar-besaran untuk memperoleh daerah dan penghidupan baru
  • Terkuncinya akses ke daerah baru yang subur dan banyak hewan buruan karena ada tembok pembatas dari ranting, semak-semak dan tembok tanah liat yang mengakibatkan di rusaknya tembok pertahanan yang di bangun oleh bangsa Sumeria kuno

lempengan naskah bangsa sumeria
Naskah Lempengan Tanah Liat Bangsa Sumeria



Karena terbatasnya penjagaan tembok pertahanan sepanjang 170 km yang dijaga oleh orang Sumeria kuno, maka banyak tembok yang kosong penjagaan dirusak oleh orang-orang Amori akhirnya perselisihan terjadi antara kerajaan Ur III.

Pada awalnya bangsa Amori menguasai kota Mari yang dekat dengan wilayah kekuasaan mereka terjadi pada tahun 1900 SM.

Puncaknya penyerangan terjadi sekitar tahun 1750 SM dimana bangsa Amori melakukan penjarahan dan penguasaan kota-kota penting yang di duduki oleh orang Sumeria seperti kota kuno Ashur, Larsa, Babel, Yamkhad, Qatna, Isin.

Pada masa itu berakhir sudah masa purba bangsa Israel.

Kelemahan selama peperangan bangsa Sumeria karena invasi dari suku nomaden Amori menyebabkan bangsa Elam yang tinggal dan bertetangga di sebelah selatan dengan bangsa Sumeria menjarah juga kota Ur pada tahun 1750 SM dan Peradaban Sumeria kuno telah berakhir.


Lokasi

Orang Akkadia, Sumeria dan Asyur menerangkan bahwa gunung Jabal Bishri di utara Suriah adalah Lokasi asal-usul orang Amori juga disebut dengan gunung Amori.

lokasi geografis suku amori
Lokasi Bangsa Israel Purba atau Amori



Letak Geografis

  • Sebelah Barat: Laut mediterania, Suriah, Palestina
  • Sebelah Timur: Jazirah Persia dan Kerajaan Elam
  • Sebelah Selatan: Oasis, Padang pasir Jazirah Arab
  • Sebelah Utara: Turki, Sungai Efrat

Bangsa Amori mendiami sepanjang bentangan sungai Efrat dari hulu ke hilir, lokasi asal-usul bangsa Israel purba di gunung Jabal Bishri.


Bangsa pendukung

Bangsa yang hidup pada zaman Israel Purba sampai zaman Neolitikum ada 4 Bangsa yang mendukung dalam sejarah yaitu:
  1. Bangsa Sumeria
  2. Bangsa Elam
  3. Bangsa Akkadia Sumeria
  4. Bangsa Asyur


Hasil peradaban

Bangsa Israel banyak belajar peradaban dari bangsa Sumeria kuno dan peradaban bangsa Elam dengan catatan sejarah peradaban:
  1. Tahun 2400 SM bangsa Sumeria menulis naskah dari lempengan tanah liat kedatangan orang Amori yang menguasai daerah barat daya sungai Mesopotamia
  2. Tahun 2247 SM bangsa Amori datang secara bergelombang ke arah hulu sungai Mesopotamia karena terbatasnya jumlah hewan buruan dan akibat kekeringan yang terjadi
  3. Tahun 2004 SM bangsa Elam menjarah kota Sumeria yang bernama kota Ur dan hal ini membuat bangsa Amori marah dan menguasai kota Ur dan mulai membentuk pemerintahan
  4. Tahun 1975 SM Kerajaan pertama Assyria terbentuk yang dipimpin oleh orang Amori
  5. Tahun 1894 SM kota Babylonia didirikan oleh orang Amori yang bernama Sumuabum
  6. Tahun 1792-1750 SM bangsa Babylonia mencapai masa emas kejayaan dan menguasai seluruh Mesopotamia dan menulis hukum dan undang-undang Hammurabi
  7. Tahun 1770 SM berakhirnya peradaban bangsa Israel kuno


Sumber:
Wikipedia
Sejarah Israel Purba
Sejarah Mesopotamia

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel